Tips Kesehatan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Memiliki tekanan darah tinggi adalah hal yang cukup sangat meresahkan. Tekanan darah tinggi sering disebut sebagai hipertensi yakni, sebuah kondisi dimana tekanan darah yang ada pada dinding arteri meningkat. Hipertensi dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti gaya hidup, keturunan (genetik), ataupun bisa dari keduanya.

Hipertensi sering terlihat sepele karena terkadang tidak ada tanda gejala yang pasti dan mungkin akan sangat berbahaya jika tidak ditangani secara cepat. Untuk bisa mengetahui tekanan darah tinggi atau normal, maka kamu bisa dengan melakukan pengecekan rutin tekanan darah. Untuk bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Seperti memakan makanan yang dapat menuruhkan tekanan darah serta melakukan beberapa kegiatan kesehatan yang dapat menunjang kesehatan tekanan darah dalam tubuh. Tips kesehatan di bawah ini akan memudahkan kamu untuk menurunkan tekanan darah tinggi, antara lain:

  • Mengkonsumsi Buah Bit

Dengan memakan atau meminum jus buah bit dapat menurunkan jumlah oksigen yang diperlukan oleh otot dalam melakukan tugasnya. Hal ini berarti ketahanan tubuh dapat meningkat dan dengan cara tersebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Buah bit sendiri memiliki kandungan nitrat yang bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

  • Minum Yogurt

Yogurt bagus untuk kelancaran pencernaan, bahkan yogurt juga memiliki peran yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif. Kamu bisa mengonsumsi 180 ml yogurt per hari untuk dapat menjaga tekanan darah tetap stabil dan normal dalam keadaan sehat. Protein dan probiotik yang ada dalam kandungan yogurt mampu memberi jaminan kesehatan pada tubuh. Varian yogurt juga ada banyak macamnya salah satunya greek yogurt tanpa rasa yang hanya memiliki kandungan lemak tidak lebih dari 2 persen.

  • Memakan Dark Chocolate

Dark chocolate memiliki kandungan 60 persen cocoa. Ada baiknya untuk membatasi konsumsi dark chocolate sekitar 30 gram per hari. Dark chocolate juga mengandung antioksidan flavonoid yang dua kali lebih banyak dari coklat susu. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan memperlancar aliran darah dengan menurunkan tensi.

  • Berhenti Merokok

Rokok menjadi pnyebab utama dari tekanan darah yang tinggi. Dalam satu isapan rokok saja dapat meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah sistolik dapat meningkat sebanyak 4mmHg dalam tubuh. Kandungan nikotin yang ada pada rokok juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Tekanan darah akan meningkat jika pembuluh darah menyempit. Merokok juga akan memberi pengaruh dampak negatif yang sangat buruk pada tubuh apabila kedepannya tidak diperbaiki. Tidak merokok menjadi faktor penting di semua tips kesehatan yang ada.

  • Mengecek Tekanan Darah Secara Rutin

Dengan melakukan pengecekan darah rutin menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Dengan memantau tekanan darah akan memudahkan kamu untuk mengecek tekanan darah apakah perlu ada upaya untuk menurunkan tekanan darah atau tidak.

  • Melakukan Aktivitas di Luar Ruangan

Tips kesehatan yang terakhir adalah dengan melakukan aktivias di luar ruangan. Aktivitas di luar ruangan sangat berperan penting dalam menghasilkan vitamin D pada tubuh. Vitamin D memiliki manfaat dalam melebarkan pembuluh darah yang akhirnya akan menurunkan tekanan darah tinggi. Mungkin kamu bisa dengan berjemur sekitar 5-20 menit di waktu jam 9 pagi agar sinar matahari mengenai kulit dan reaksi kimia mulai terjadi pada pembuluh darah.

Beberapa tips kesehatan di atas bisa membantu kalian yang mungkin ingin menurunkan tekanan darah tinggi.

About the Author: admin